Sunday 19 October 2014

"Missing in North Shore"

http://www.nzherald.co.nz/nz/news/article.cfm?c_id=1&objectid=11262255&ref=nzh_fbpage

Ini mungkin judul yang lebih tepat. Kejadian hilangnya seorang ibu rumah tangga yang umurnya 50-an sudah sedikit menjawab pertanyaan saya selama ini, yaitu kenapa ketika berpapasan dengan orang-orang Asia di North Shore, mereka cenderung menghindar. Mereka yang umumnya berasal dari Asia jarang mau menegor kita ketika berpapasan. Mereka cenderung menghindar.

Tadinya, saya menduga sikap ini lebih banyak karena mereka berasal dari negara konflik, seperti Filipina, atau Negara tertutup seperti Cina. Jadi, mereka cenderung curiga dengan orang asing. Akibatnya, mereka terkesan tidak ramah.

Rupanya, bukan karena itu penyebab utamanya. Bisa jadi kejadian seperti inilah penyebabnya. Kejadian seperti ini rupanya sudah pernah terjadi juga di North Shore. Maklum saja, pulang jam 7 saja sudah terasa sunyi sekali di jalan. Saya malah pernah cuma sendirian di bis dari Stasiun Akaronga ke rumah saya. Bayangkan, kalau kita harus jalan dari halte bus ke rumah kita yang cukup jauh seperti ibu yang hilang ini.

Mungkin ini salah satu sebab yang membentuk orang Asia di North Shore cenderung menghindar ketika berpapasan dengan orang lain.

No comments:

Post a Comment